Jumat, 06 Mei 2016

TUBERCULOSIS (TBC)


  

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis bakteri. Meskipun penyakit ini paling sering menginfeksi sistem paru (paru-paru), sekitar 10 sampai 20 persen dari semua kasus didiagnosis TB menginfeksi tulang. Tulang TB dapat terjadi pada usia berapa pun dan bisa menginfeksi tulang manapun dalam tubuh. Gejala TBC tulang sering tidak jelas, membuat diagnosis sulit.


Diagnosis
 

Gejala untuk TBC tulang multifokal adalah sama kecuali bahwa rasa sakit mungkin ada di beberapa daerah. Diagnosa Radiografi seperti sinar-X dan scan tulang tidak menunjukkan fitur khusus yang meyakinkan membedakan penyakit tuberkulosis tulang. Beberapa temuan radiografi umum yang menyarankan TBC tulang adalah pembengkakan jaringan lunak, penyempitan ruang sendi, kista di tulang, dan kehilangan tinggi disc di tulang belakang. Setelah TBC tulang dicurigai berdasarkan gejala dan temuan scan, biopsi tulang yang bersangkutan dapat memberikan diagnosis diferensial.

Treatment
Pengobatan Semua jenis TB yang diobati dengan obat antituberkulosis. Tiga obat diberikan dalam kombinasi untuk melawan penyakit ini, termasuk isoniazid, rifampisin dan etambutol. Karena bakteri TB dapat menjadi resistan terhadap obat, The Centers for Disease Control memberikan rekomendasi untuk Amerika Serikat pada kombinasi yang tepat, dosis dan durasi pengobatan berdasarkan pada tren saat ini.





Tuberkulosis paru adalah penyakit menular yang disebabkan oleh basil mikrobakterium tuberkulosis tipe humanus, sejenis kuman yang berbentuk batang dengan ukuran panjang 1-4/mm dan tebal 0,3-0,6/mm. Sebagian besar kuman terdiri atas asam lemak (lipid). Lipid inilah yang membuat kuman lebih tahan terhadap asam dan lebih tahan terhadap gangguan kimia dan fisik.

1 komentar: